Minggu, 24 Februari 2013

Perilaku Konsumen Consumer Behavior Class IKK 231 2013

RISMA ANGELIZA
Undergarduate Student Majoring in Biology Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences
Bogor Agricultural University


Notes On Consumer Behavior Class IKK 231

Konsep diri merupakan gabungan dari kepribadian dan gaya hidup (lifestyle). Kepribadian itu sendiri merupakan kumpulan karakteristik yang unik dan berbeda atau bisa dikatakan juga sebagai respon individu terhadap lingkungannya. Manfaat konsep diri yaitu;
a. manfaat fungsional, dimana individu (konsumen) memutuskan untuk memilih dan membeli suatu barang berdasarkan daya gunanya.
b. manfaat psikologis, dimana individu (konsumen) memutuskan untuk memilih dan membeli suatu barang berdasarkan nilai prestisiusnya agar dipandang/dihargai orang lain.
Empat dimensi  dalam konsep diri, yakni;
1. Aktual; konsumen memandang dirinya, dalam hal mempengaruhi produk yang akan dibelinya.
2. Ideal; konsumen ingin menjadi seperti apa.
3. Sosial konsep; orang lain yang akan memandang dirinya seperti apa.
4. Privat; seseorang melihat dirinya yang sebenarnya.

Based on Based on Consumer Behavior Text Book by Ujang Sumarwan
Picture1Picture2

Ujang Sumarwan. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Jakarta: PT Ghalia Indonesia.
Lecturers of Consumer Behavior Class Semester  Feb – May  2013
ž  Prof Dr Ir Ujang Sumarwan, MSC (www.ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id)
Dr. Ir Lilik Noor Yuliati
ž  Ir. Retnaningsih, MS
ž  Megawati Simanjuntak, SP, MS
Department of Family and Consumer Sciences
College of Human Ecology
Bogor Agricultural University

Tidak ada komentar:

Posting Komentar