Undergarduate Student Majoring in Biology Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences
Bogor Agricultural University
Notes On Consumer Behavior Class IKK 231
Konsep diri merupakan gabungan dari kepribadian dan gaya hidup (lifestyle). Kepribadian itu sendiri merupakan kumpulan karakteristik yang unik dan berbeda atau bisa dikatakan juga sebagai respon individu terhadap lingkungannya. Manfaat konsep diri yaitu;
a. manfaat fungsional, dimana individu (konsumen) memutuskan untuk memilih dan membeli suatu barang berdasarkan daya gunanya.
b. manfaat psikologis, dimana individu (konsumen) memutuskan untuk memilih dan membeli suatu barang berdasarkan nilai prestisiusnya agar dipandang/dihargai orang lain.
Empat dimensi dalam konsep diri, yakni;
1. Aktual; konsumen memandang dirinya, dalam hal mempengaruhi produk yang akan dibelinya.
2. Ideal; konsumen ingin menjadi seperti apa.
3. Sosial konsep; orang lain yang akan memandang dirinya seperti apa.
4. Privat; seseorang melihat dirinya yang sebenarnya.
Based on Based on Consumer Behavior Text Book by Ujang Sumarwan


Ujang Sumarwan. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Jakarta: PT Ghalia Indonesia.
Lecturers of Consumer Behavior Class Semester Feb – May 2013
Prof Dr Ir Ujang Sumarwan, MSC (www.ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id)
Dr. Ir Lilik Noor Yuliati
Ir. Retnaningsih, MS
Megawati Simanjuntak, SP, MS
Department of Family and Consumer Sciences
College of Human Ecology
Bogor Agricultural University
Tidak ada komentar:
Posting Komentar